UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA MANIPULATIF SISWA KELAS IV MI AL ULUM BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 /2014

SAKDIYAH, NIM. 12415276 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA MANIPULATIF SISWA KELAS IV MI AL ULUM BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 /2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA MANIPULATIF SISWA KELAS IV MI AL ULUM BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 /2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA MANIPULATIF SISWA KELAS IV MI AL ULUM BANDONGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 /2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

Sakdiyah, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Media Manipulatif Siswa Kelas IV MI Al Ulum Bandongan Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah selama ini proses pembelajaran matamatika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ulum Bandongan Magelang tidak berjalan secara maksimal dan hasilnya juga kurang sesuai dengan harapan. Hal ini disebabkan oleh siswa kesulitan dalam memehami konsep materi pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan media manipulatif pada pembelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ulum Bandongan Magelang, (2) bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami konsep materi pecahan pelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ulum Bandongan Magelang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: penilaian terhadap hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada awal dan akhir siklus, aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengansiswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep materi penjumlahan dan pengurangan pecahan, (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu sudah 100% siswa kelas IV MI Al Ulum Bandongan mencapai nilai diatas KKM, (3) penggunaan media manipulatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Al Uluim Bandongan. Hasil pengamatan pembelajaran penggunaan media manipulatif pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang dilaksanakan dalam dua siklus ini mampu mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV MI Al Uluim Bandongan dalam memahami konsep pecahan, ini terlihat dari hasil tes siswa meningkat dari sebelum menggunakan media manipulatif nilai rata-rata 52,5 pada akhir penelitan nilai rata-rata naik menjadi 93.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesulitan belajar matematika, Media Manipulatif, Peningkatan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:45
Last Modified: 01 Mar 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum