PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI YAKTI KEBONAGUNG TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SHOIMAH, NIM. 13485312 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI YAKTI KEBONAGUNG TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI YAKTI KEBONAGUNG TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI YAKTI KEBONAGUNG TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (647kB)

Abstract

Shoimah, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V MI YAKTI Kebonagung Tegalrejo Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Proses pembelajaran yang terjadi di MI YAKTI Kebonagung masih berjalan satu arah, penggunaaan metode ceramah masih sering digunakan, sehingga proses pembelajaran kurang menyenangkan. Akibatnya siswa merasa bosan dan hasil belajarpun rendah. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian dengan tujuan untuk : (1) mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA di kelas V MI YAKTI Kebonagung Tegalrejo Magelang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V MI YAKTI Kebonagung Tegalrejo setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (3) mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI YAKTI Kebonagung Tegalrejo setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, lembar observasi, wawancara, lembar kgiatan siswa dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik Analisis data dilakukan dengan analisis data hasil observasi, analisis hasil wawancara, analisis hasil belajar, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Yakti Kebonagung dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 58,36. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I reratanya meningkat menjadi 72,32 dan pada siklus II nilai reratanya naik lagi menjadi 76,05. Pada Pra siklus siswa yang tidak mencapai KKM dari jumlah siswa 22 ada 12 siswa, siklus I ada 8 siswa, sedang pada siklus II ada 2 siswa yang tidak tuntas. Prosentase ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 45,45%, pada siklus I sebesar 63,64%,dan pada siklus II mencapai 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tindakan yang dilakukan berupa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V MI YAKTI Kebonagung Tegalrejo Magelang dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr.Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : (Pembelajaran IPA SD/MI, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar).
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:52
Last Modified: 04 Apr 2017 04:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item