UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN I SRUMBUNG MAGELANG

SISMIYATUN, NIM. 12458190 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN I SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN I SRUMBUNG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN ALAT PERAGA BATANG NAPIER PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN I SRUMBUNG MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (279kB)

Abstract

Sismiyatun. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dengan Alat peraga Batang Napier Pada Siswa Kelas VI Di MI Muhammadiyah Kradenan I, Srumbung, Magelang”.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah mata pelajaran Matematika yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah ditingkat SD/MI,sehingga mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran pokok, dikarenakan dapat menentukan kelulusan siswa di MI Muhammadiyah kradenan I. Dalam mata pelajaran Matematika banyak terdapat materi hitung perkalia. Akan tetapi siswa-siswi kelas VI di MIM Kradenan I, mengalami kendala belajar dalam materi tersebut, yang diakibatkan oleh berbagai hal. Diantaranya kurangnya motivasi belajar, metode penyampaian materi, serta kurangnya sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Maka perlu adanya upaya yang dilakukan guna memperbaiki pola pembelajaran yang efektif agar mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah: Masih rendahnya hasil belajar mata pelajaran Matwmatika khususnya materi operasi hitung perkalian dalam pada siswa kelas VI di MI Muhammadiyah Kradenan I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan.Proses pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitan menunjukkan: Kemampuan siswa dalam melakukan hitung perkalian sebelum menggunakan alat peraga masih rendah, dengan nilai rata – rata 5. Siswa yang mendapat nilai 6 keatas hanya 31,25 % (5 anak), sedang 68,75% ( 11 anak ) masih mendapatkan nilai dibawah KKM. Pembelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian dengan alat peraga dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif dan efektif pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kradenan I. Penggunaan alat peraga batang napier dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kradenan I.Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan efektivitas hasil pre test sampai siklus III yang meningkat sebesar 56,25%, serta peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre test sampai dengan siklus III sebesar 2,06, selain itu telah 14 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yakni sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : operasi hitung perkalian, alat peraga batang napier, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:54
Last Modified: 01 Mar 2017 01:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item