UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS IV MI TANHIDLUL MUTAALLIMIN BALEKERTO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI MUFARIDAH , NIM. 12485197 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS IV MI TANHIDLUL MUTAALLIMIN BALEKERTO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS IV MI TANHIDLUL MUTAALLIMIN BALEKERTO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS IV MI TANHIDLUL MUTAALLIMIN BALEKERTO KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (957kB)

Abstract

Siti Mufaridah, “Upaya Peningkatan keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran SKI Dengan Metode Index Card Match Kelas IV MI Tanhidlul Mutaalimin Balekerto Kaliangkrik Magelang”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam banyak menyajikan materi yang bersifat hafalan. Jika penyajian materi tersebut didominasi dengan metode ceramah, akan mengakibatkan rasa bosan pada siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang pada akhirnya siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Sementara keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh keterlibatan siswa di dalamnya, yaitu totalitas siswa yang terlibat langsung baik dalam pemikiran, penglihatan, pendengaran maupun keterampilan. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran aktif yang dapat menyulut minat siswa lebih terlibat dalam kegiatan pembelajan, salah satunya adalah dengan metode index card match atau metode pembelajaran untuk mencari pasangan jawaban dengan menggunakan media kartu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah keaktifan belajar siswa pada pembelajaran SKI dengan metode index card match kelas IV MI Tanhidul Muta’alimin Balekerto Kaliangkrik Magelang? 2) Apakah penggunaan metode index card match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV MI Tanhidlul Muta’alimin Balekerto Kaliangkrik Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dengan observasi aktivitas kegiatan siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, lembar soal tes, serta dokumen-dokumen pendukung lainnya yang relevan. Indikator keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan untuk menguji keabsahan data tentang peningkatan aktivitas siswa, diberikan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan penguasaan siswa terhadap materi yang disampaikan selama kegiatan pembelajaran, dengan dasar bahwa dengan meningkatnya aktifitas siswa pada kegiatan pembelajaran akan meningkat pula kemampuan siswa menguasai materi yang diajarkan selama proses pembelajaran itu. Hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap 10 subjek, pada pra tindakan terdapat 7 subjek (70 %) memiliki aktivitas yang rendah pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam, dan hanya 3 subjek (30 %) saja yang memiliki aktivitas pada tingkat sedang. Dengan tindakan siklus I dengan menerapkan metode index card match, telah dapat meningkatkan aktifitas siswa, dengan 1 subjek (10 %) memiliki aktivitas tinggi, 5 subjek (50 %) memiliki aktivitas sedang dan jumlah subjek dengan aktivitas pada tingkat rendah dapat diturunkan menjadi 4 subjek (40 %). Kemudian dengan pelaksanaan tindakan siklus II, jumlah subjek dengan aktivitas rendah telah dapat ditekan total, 6 subjek telah memiliki aktivitas yang tinggi, sementara 4 subjek berada pada aktivitas sedang. Dengan demikian dengan menerapkan metode Index Card Match, keaktifan belajar siswa kelas IV MI Tanhidlul Mutaalimin Balekerto Kaliangkrik telah dapat ditingkatkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran SKI, Peningkatan, Index Card Match.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:56
Last Modified: 01 Mar 2017 01:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item