MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDLATUL ATHFAL MASYITHAH MADUGONDO KAJORAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI NASRIYAH , NIM. 12485199 (2014) MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDLATUL ATHFAL MASYITHAH MADUGONDO KAJORAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDLATUL ATHFAL MASYITHAH MADUGONDO KAJORAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDLATUL ATHFAL MASYITHAH MADUGONDO KAJORAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (769kB)

Abstract

Siti Nasriyah, “Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Kelompok B Raudlatul Athfal Masyithah Madugondo Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih tingginya jumlah siswa yang belum mampu mengeja kata dengan baik disebabkan metode pembelajaran guru yang monoton menerapkan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran rendah. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah media cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Masyithah Madugondo Kajoran Kabupaten Magelang Jawa Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan melaksanakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B Raudlatul Athfal Mastyithah Madugondo Kajoran yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian pada pra tindakan, diketahui bahwa jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 11 anak (50%) dan jumlah yang belum mampu adalah 11 anak (50%). Pada siklus I, jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 15 anak (68,18%) dan yang belum mampu adalah 7 anak (31,81%). Pada siklus II, jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 19 anak (86,36%) dan yang belum mampu adalah 3 anak (13,64%). Kesimpulan dari skripsi ini adalah: 1) penerapan media cerita bergambar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan mampu meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatna pembelajaran. 2) Penerapan media certa bergambar sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini, dan 3) Peningkatan kemampuan membaca anak pada siklus I adalah sebanyak 4 anak (36,4%) dibandingkan dengan pra tindakan. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 4 anak (26,7%) dibandingkan siklus I, dan 8 anak (72,7%) dibandingkan pra tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Cerita Bergambar, Meningkatkan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 01:58
Last Modified: 01 Mar 2017 01:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item