MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN METODE RESITASI GROUP RESUME PADA SISWA KELAS V DI MI AL - ISLAM RINGINANOM KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG

SITI SA’ADAH , NIM. 12485110 (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN METODE RESITASI GROUP RESUME PADA SISWA KELAS V DI MI AL - ISLAM RINGINANOM KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN METODE RESITASI GROUP RESUME PADA SISWA KELAS V DI MI AL - ISLAM RINGINANOM KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI DENGAN METODE RESITASI GROUP RESUME PADA SISWA KELAS V DI MI AL - ISLAM RINGINANOM KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (664kB)

Abstract

SITI SA’ADAH. Penerapan metode Resitasi Group Resume untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas V di MI Al-Islam Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015 Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar mata pelajaran SKI yang masih jauh dari KKM yang telah ditentukan oleh madrasah yaitu nilai yang harus dicapai 60. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah, apakah dalam pembelajaran dengan metode resitasi group resume bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Mata Pelajaran SKI di MI Al-Islam Ringinanom, Kecamatan, Tempuran Kabupaten Magelang? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pada keadaan pra siklus siswa tidak begitu aktif mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah dengan nilai rata-rata 56,8 dan prosentase kelulusan hanya 38,4%. Pada Siklus 1 hasil belajar siswa telah meningkat, siswa yang mendapat nilai diatas KKM mencapai 9 siswa dan dibawah KKM sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata 71,3. Peningkatan nilai dari pra siklus ke siklus I sangat signifikan yaitu 14,7. Peningkatan ini terjadi karna siswa aktif mengikuti pelajaran. Pada Siklus 2 siswa tampak lebih aktif mengikuti peajaran sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Seluruh siswa, yang berjumlah 13 siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh madrasah, artinya tidak ada lagi niai dibawah KKM. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 80,2 meningkat dari sebelumnya 71,3. Ada peningkatan hasil belajar sebanyak 8,9. Penelitian dihentikan pada siklus 2 karena sudah ada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: prestasi belajar siswa, metode resitasi group resume
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 02:00
Last Modified: 01 Mar 2017 01:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item