PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG

SITI ZUMAROH , NIM. 12485207 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB)

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Nabi pada Anak Melalui Metode Bernyanyi di RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar anak tentang sejarah nabi kurang, anak lebih tertarik pada tokoh-tokoh kartun daripada rasulnya, anak lebih senang menghafalkan syair lagu yang dinyanyikan oleh idolanya di televisi, maka perlu diadakan penelitian untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang sejarah nabi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan metode bernyanyi dalam peningkatan prestasi belajar sejarah nabi di RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah nabi pada anak didik RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Hal tersebut dibuktikan dari prestasi belajar sejarah nabi yang hanya mencapai nilai rata-rata 5,3 pada kondisi pratindakan sebelum subyek dikenai metode bernyanyi. Setelah subyek dikenai metode bernyanyi pada siklus I penelitian memiliki prestasi belajar dengan nilai rata-rata 9,1, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 13,92, yang berarti telah mengalami peningkatan rata-rata 61,9%. Terbukti bahwa Teknik bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah nabi pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Nabi, Metode Bernyanyi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Oct 2014 09:06
Last Modified: 01 Mar 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum