UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG KELOMPOK A KELAS MA’WA

SRI HIDAYATI , NIM. 12485209 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG KELOMPOK A KELAS MA’WA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG KELOMPOK A KELAS MA’WA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG KELOMPOK A KELAS MA’WA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (379kB)

Abstract

Sri Hidayati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri di RA Perwanida Grabag Magelang Kelompok A Kelas Ma’wa”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil dengan cara mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak serta memotivasi siswa terutama dalam pembelajaran melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, melalui metode bercerita dengan gambar seri di kelompok A kelas Ma’wa di RA Perwanida Grabag Magelang yang dilaksanakan dalam dua siklus, secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah disusun dan dilakukan disetiap siklusnya. Kedua, peningkatan kemampuan bahasa verbal terlihat dari antusias siswa dan hasil belajar pada saat pembelajaran, yaitu: mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana, bercerita tentang gambar yang disediakan, mengurutkan gambar seri sederhana, dan membaca gambar yang memilki kata atau kalimat sederhana. Ini dapat diketahui melalui hasil observasi pra tindakan sebesar 56,80 %, pada siklus I meningkat sebesar 13,44 % menjadi 70,24 %, dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 12,69 % menjadi 82,93 %. Dari keseluruhan peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 26,13%, dari kategori sedang menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan, Bahasa Verbal, Metode Bercerita, Gambar Seri.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Oct 2014 02:14
Last Modified: 01 Mar 2017 01:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item View Item