UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SHALAT MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELOMPOK B RAM NU NGADIHARJO 2 KEC. BOROBUDUR KAB. MAGELANG

SUDARMIYAH, NIM. 12485214 (2014) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SHALAT MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELOMPOK B RAM NU NGADIHARJO 2 KEC. BOROBUDUR KAB. MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SHALAT MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELOMPOK B RAM NU NGADIHARJO 2 KEC. BOROBUDUR KAB. MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SHALAT MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELOMPOK B RAM NU NGADIHARJO 2 KEC. BOROBUDUR KAB. MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (143kB)

Abstract

Upaya meningkatkan motivasi belajar sholat melalui penerapan metode demostrasi pada siswa kelompok B RAM Nu Ngadiharjo 2 Kec. Borobudur Kab. Magelang”. Skripsi . yogyakarta . jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Dalam pembelajaran sholat siswa harus diajak praktek langsung bersama dengan guru, agar siswa bisa mengetahui secara nyata gerakan-gerakan sholat dari awal sampai akhir secara urut dan benar. Di kelompok B RAM NU Ngadiharjo 2 Kec. Borobudur Kab. Magelang dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa, guru hanya menerangkan di depan kelas. Sehingga siswa kurang perhatian dan kurang semangat dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan menggunakan suatu metode yang dapat memotivasi siswa, salah satunya adalah dengan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 Siklus. Yang masing-masing Siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilandalam penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi belajar sholat yang meningkat sampai 80%. Hasil peningkatan motivasi belajar sholat dengan penerapan metode demonstrasi terkait pada hasil belajar yang selalu meningkat. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan prosentase partisipasi siswa sebesar 54% dengan kategori rendah, pada Siklus II sebesar 67% dengan kategori sedang, dan pada Siklus III motivasi belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 80% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M. Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Sholat, Metode Demonstrasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Oct 2014 04:55
Last Modified: 01 Mar 2017 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item