UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V MI YAPPI CEKEL SAPTOSARI GUNUNGKIDUL

ALI ASNAD, NIM. 13485265 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V MI YAPPI CEKEL SAPTOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V MI YAPPI CEKEL SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V MI YAPPI CEKEL SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Ali Asnad,” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPA Materi Pesawat Sederhana Dengan Metode Eksperimen Di Kelas V MI Yappi Cekel Saptosari Gunungkidul”.Skripsi.Yogyakarta: FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2014 Perkembangan Ipteks mengisyaratkan penyesuaian dan peningkatan proses pembelajaran secara berkesinambungan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar. IPA atau Sains merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari Sekolah Dasar. Dengan belajar IPA akan dapat mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Sains juga merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sifat ilmiah. Pembelajaran sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan sains diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang alam sekitar. Dengan demikian pengetahuan sains menjadi suatu keharusan untuk dipelajari bagi siswa terutama siswa Sekolah Dasar. Rumusan masalahnya ialah, Bagaimana pembelajaran IPA di MI YAPPI Cekel? Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA di MI YAPPI Cekel? Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam penelitian tindakan kelas di kelas V MI YAPPI Cekel? Sedangkan metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan observer dan siswa sebagai responden sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi. Hasil penelitian Penelitian tindakan kelas yang di lakukan sesuai jadwal pelajaran yang disusun. Jumlah jam pelajaran di kelas V sebanyak 4 jam pelajaran. Untuk mengukur kemampuan penyerapan materi, dilakukan evaluasi belajar dan untuk melihat perkembangan siswa digunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa kelas V pada materi pesawat sederhana mengalami perubahan kearah yang lebih baik setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Pelaksanaan PTK meningkatkan hasil belajar. Sebelum tindakan perbaikan dari 12 siswa yang tuntas 25% sedangkan belum 75%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus I, yang tuntas sebanyak 50% yang belum tuntas sebanyak 50%. Pada siklus II pembelajaran pertama yang tuntas 66,7% yang belum tuntas 33,3%, setelah dilakukan perbaikan hasilnya yang tuntas sebanyak 83,3% yang belum tuntas 16,7%. Penerapan metode eksperimen diterapkan untuk percobaan, sehingga siswa secara langsung mempraktekan dan menemukan berbagai pengetahuan dari pesawat sederhana dan hal ini menjadikan siswa menguasai pelajaran dengan baik serta memiliki pengalaman yang menyebabkan hasil belajarnya meningkat. Kata kunci dalam penelitian ini ialah Hasil Belajar, dan Metode Eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Oct 2014 09:27
Last Modified: 14 Feb 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum