UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

AMRIH , NIM. 12485115 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Amrih, pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode eksperimen siswa kelas II MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Mardasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas II MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan kreatif dalam menentukan metode pembelajaran melalui metode eksperimen. Peneliti melakukan penelitian ditempat mengajar yaitu pada kelas II di MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dengan jumlah 25 siswa. Obyek yang di observasi adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis kualitatif yang diperoleh dari rencana pembelajaran dan lembar observasi dan analisis kuantitatif yang diperoleh dari data hasil belajar siswa. Tindakan dilaksanakan dengan cara siswa melakukan kegiatan berupa pembelajaran yang terstruktur dengan metode eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, perencanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar yang meningkat secara bertahap, rata-rata kelas yang meningkat, dan adanya perubahan positif baik dalam metode pembelajaran maupun situasi kegiatan pembelajaran. Dengan melihat situasi yang sama, peneliti memahami perlunya melakukan peningkatan keprofesionalan seorang pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satunya kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Oct 2014 02:34
Last Modified: 01 Feb 2017 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item