UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG

SRI MURNI , NIM. 12485210 (2014) UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img] Text (UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (324kB)

Abstract

Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Siswa Kelompok A Di RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi pada siswa kelompok A di RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan, yaitu masih rendahnya kemampuan membaca permulaan anak pada pelajaran bahasa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada siswa kelompok A di RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan dalam pelajaran bahasa. Metode yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak. Hasil peningkatan membaca permulaan anak dengan pemanfaatan Media Gambar terlihat pada penjelasan guru, menjawab pertanyaan, antusiasme mengerjakan tugas. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan hampir separuh siswa mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas. Pada siklus II meningkat menjadi separuh lebih dan pada siklus III hampir semua siswa mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas yang diberikan. Adapun jumlah siswanya adalah 15 orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan Anak, Media Gambar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Oct 2014 00:58
Last Modified: 01 Mar 2017 01:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14145

Actions (login required)

View Item View Item