UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH NGADIPURO DUKUN KAB. MAGELANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SRI ASIH WINDAYANI , NIM. 12485111 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH NGADIPURO DUKUN KAB. MAGELANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH NGADIPURO DUKUN KAB. MAGELANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH NGADIPURO DUKUN KAB. MAGELANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT ) TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Latar belakang penelitian ini adalah disebabkan rendahnya minat dan prestasi belajar siswa karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tidak efektif, dimana siswa hanya mendengar, melihat dan mencatat. Hal ini menjadikan kurangnya kerja sama antar siswa sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasakan masih kurang. Proses pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) yang diharapkan mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) pada pembelajaran Matematika di kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun. ( 2 ) apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah siswa kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 16 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa ( post test ). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan test. Analisa data untuk minat dan prestasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian. Berdasarkan analisis data dengan ukuran nilai rata-rata kelas dan penilaian dengan standard skala 1-100, diperoleh data pada post test siklus I nilai yang tuntas KKM mencapai 10( 62,25% ) dengan nilai rata-rata kelas 66,25. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Nilai yang tuntas KKM mencapai 16 ( 100 % ) dengan nilai rata-rata kelas 80.31. maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) ini dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajarn Matematika kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun tahun pelajara 2013/2014. Prestasi meningkat dari rendah menjadi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat dan Prestasi Belajar, Teams Games Tournament ( TGT ), Pembelajaran Matematika kelas I MI Muhammadiyah Ngadipuro Dukun.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Oct 2014 01:11
Last Modified: 01 Mar 2017 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14146

Actions (login required)

View Item View Item