UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QUR’AN DENGAN METODE QIROATI PADA POKOK BAHASAN MEMBACA SURAH-SURAH AL QUR’AN DENGAN MAKHARIJUL HURUF DAN TAJWID PADA KELAS IV SD NEGERI 2 HARDIMULYO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO

MARYOTO , NIM. 12415315 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QUR’AN DENGAN METODE QIROATI PADA POKOK BAHASAN MEMBACA SURAH-SURAH AL QUR’AN DENGAN MAKHARIJUL HURUF DAN TAJWID PADA KELAS IV SD NEGERI 2 HARDIMULYO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QUR’AN DENGAN METODE QIROATI PADA POKOK BAHASAN MEMBACA SURAH-SURAH AL QUR’AN DENGAN MAKHARIJUL HURUF DAN TAJWID PADA KELAS IV SD NEGERI 2 HARDIMULYO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QUR’AN DENGAN METODE QIROATI PADA POKOK BAHASAN MEMBACA SURAH-SURAH AL QUR’AN DENGAN MAKHARIJUL HURUF DAN TAJWID PADA KELAS IV SD NEGERI 2 HARDIMULYO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (502kB)

Abstract

Upaya Peningkatan membaca huruf Al Qur’an dengan metode Qiroati pada pokok bahasan membaca surah-surah Al Qur’an dengan makharijul huruf dan tajwid pada kelas IV SD Negeri 2 Hardimulyo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo”. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Metode Qiroati adalah suatu metode belajar Al Qur’an dengan cara langsung membaca dan sekaligus memasukkan bacaan tajwid. Proses pembelajaran metode Qiroati ini adalah klasikal, tapi bisa juga langsung dan individual dan siswapun membaca tanpa mengeja. Sejak awal pembelajaran siswa ditekankan membaca dengan tepat dan cepat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan baca Al Qur’an siswa kelas IV SD Negeri 2 Hardimulyo, (2) Bagaimana pelaksanaan metode Qiroati pada proses pembelajaran baca Al Qur’an pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Hardimulyo, (3) Seberapa besar peningkatan kemampuan baca Al Qur’an siswa kelas IV SD Negeri 2 Hardimulyo setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode Qiroati? Jenis penelitian ini adalah penelitian kwalitatif yang mengambil lokasi di SD Negeri 2 Hardimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan tes. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang sudah dikumpulkan, kemudian dari makna data ini ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan baca Al Qur’an dari siswa yang sebelumnya hanya bisa membaca saja menjadi siswa yang mampu baca Al Qur’an dengan memperhatikan Mahraj dan Tajwidnya, (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode Qiroati ini diawal siklus siswa masih kaget, sehingga guru harus lebih optimal dalam mengajar dan diperbaiki pada siklus II yang pada siklus II ini guru dan siswa lebih antusias sehingga hasil bisa mencapai target yang diharapkan, (3) Dari hasil tes baik dari siklus I ataupun II ada kenaikan kemampuan baca siswa kelas IV SD Negeri 2 Hardimulyo. Kenaikan tersebut adalah pada siklus I dari sebelumnya pada Siklus II yaitu 83,33% untuk siswa dengan kemampuan tinggi dalam baca Al Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Metode Qiroati, Proses Pembelajaran, Hasil Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Oct 2014 02:01
Last Modified: 21 Feb 2017 04:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14149

Actions (login required)

View Item View Item