EKSPERIMENTASI PROGRAM BANTU BELAJAR BAHASA ARAB DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006 - 2007

MELI MUSTAFIAH - NIM. 03420275, (2008) EKSPERIMENTASI PROGRAM BANTU BELAJAR BAHASA ARAB DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2006 - 2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufradat siswa dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan Program Bantu Belajar Bahasa Arab Dasar Berbasis Multimedia dalam pembelajaran mufradat) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan Program Bantu Belajar Bahasa Arab Dasar Berbasis Multimedia dalam pembelajaran mufradat) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah populasi, yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Tahun Akademik 2006 2007 sebanyak 73 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 11.5 for Windows. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dengan menggunakan rumus korelasi product moment Karl pearson untuk uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan teknik ulang atau single test double trial method. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolmogorov-smirnov, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan rumus uji F. Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar mufradat dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan Program Bantu Belajar Bahasa Arab Dasar Berbasis Multimedia dalam pembelajaran mufradat) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan Program Bantu Belajar Bahasa Arab Dasar Berbasis Multimedia dalam pembelajaran mufradat). Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata selisih antara pre-test dan post-test baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Setelah dilakukan uji t diperoleh harga thitung sebesar -2.916 (tanda + dan pada harga t adalah absolut) lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dan signifikan pada 0,005 (p 0,05), hal ini berarti bahwa Program Bantu Belajar Bahasa Arab Dasar Berbasis Multimedia terbukti cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar mufradat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H.A. Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ekprerimentasi, Program bantu, Bahasa Arab, multimedia.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item