PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL (KPK) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PRATIK, NIM. 12485180 (2014) PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL (KPK) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL (KPK) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL (KPK) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (479kB)

Abstract

Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) Pada Siswa Kelas V Mi Ma’arif Kenalan Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika perlu diperbaiki guna peningkatan kualitas hasil pendidikan, maka untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur digunakan metode pembelajaran yang lain. Proses pembelajaran pada pokok bahasan faktor persekutuan besar (FPB) dan kelipatan persekutuan kecil (KPK) pada saat ini menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penggunaan metode tutor sebaya dapat menggali potensi yang dimiliki siswa, dan diharapkan dapat mengurangi kejenuhan dalam belajar matematika yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar (FPB) Dan Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK)siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah: 1) Penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Matematika di kelas V MI Ma’arif Kenalan dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi peningkatan peningkatan pemahaman siswa dan perbaikan hasil belajar matematika. 2) Peningkatan pemahaman dan prestasi belajar matematika cukup signifikan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, nilai siswa mengalami peningkatan, dimana tidak adalagi siswa yang memperoleh nilai 40. Nilai 50 hanya diperoleh 1 siswa, sedangkan nilai 60 diperoleh 12 siswa atau 92% siswa. Meskipun belum ada siswa yang mencapai nilai 70, 80 ataupun 90. Pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika, dimana nilai 70 diraih 62% siswa. Nilai 80 sebanyak 38%. Belum ada siswa yang memperoleh nilai 90 dan 100. Pada siklus III terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika, dimana perolehan nilai terbanyak adalah 80 yaitu 77%. Nilai 70 sebanyak 8%. Siswa yang memperoleh nilai 90 sebanyak 15%. Seluruh siswa sudah mampu melampaui nilai KKM 65, dan tuntas pada pembelajaran FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Eva Latipah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, metode tutor sebaya, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Oct 2014 02:12
Last Modified: 28 Feb 2017 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item