PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DUROTUL YATIMAH, NIM. 12485126 (2014) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penerapan strategi card Sort untuk meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Ma’arif kebonsari Borobudur Magelang. SKRIPSI. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Kata kunci : Strategi Cart Sort, Kemampuan membaca. Pembelajaran di kelas II Ma’arif kebonsari Borobudur, Magelang khususnya dalam hal kemampuan membaca masih rendah. Yang diketahui dari indicator kemampuan membaca siswa masih rendah. Hal ini terbukti dari beberapa siswa dalam membaca masih kurang tepat dalam ucapan atau lafal, masih kurangnya ketepatan irama atau intonasi kalimat, kurangnya penguasaan tanda baca dan masih lambatnya ketepatan mata membaca bacaan. Observasi kemudian dilakukan sharing dengan teman sejawat, kemampuan membaca siswa masih sangat rendah di pengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya motivasi belajar siswa rendah, guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang variatif dan menarik. Selain itu guru juga belum mengoptimalkan media pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan strategi cart sort untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II MI Ma’arif kebonsari Borobudur, Magelang Tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dari siklus I ke siklus berikutnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran dengan mengunakan strategi card sort dapat dilaksanakan dengan baik terlihat dari kemampuan membaca siswa. (2) Menggunakan strategi cart sort dapat meningkatkan kemampuan membaca hal ini terbukti pada kondisi awal pra siklus siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 8 dari 12 atau 58% dan yang belum tuntas dalam pembelajaran adalah 5 dari 12 siswa atau 42%. Pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 9 dari 12 siswa atau 75% dan siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran adalah 3 dari 12 siswa atau 25 % . pada siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 12 siswa atau 100%. Dengan demikian tingkat ketuntasan siswa sudah lebih dari 80% sehingga tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: card Sort, kemampuan membaca, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Oct 2014 00:57
Last Modified: 31 Jan 2017 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item