UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TUMBUHAN SISWA KELAS II MI MA’ARIF JANTUR, BANYUSARI, GRABAG, MAGELANG

RIZQIYATUL WAKHIDAH, NIM. 12415275 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TUMBUHAN SISWA KELAS II MI MA’ARIF JANTUR, BANYUSARI, GRABAG, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TUMBUHAN SISWA KELAS II MI MA’ARIF JANTUR, BANYUSARI, GRABAG, MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TUMBUHAN SISWA KELAS II MI MA’ARIF JANTUR, BANYUSARI, GRABAG, MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (599kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tumbuhan dan Fungsinya Dengan Menggunakan Alat Peraga Tumbuhan Siswa Kelas II MI Ma’arif Jantur, Banyusari, Grabag, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, yang masih didominasi oleh guru. Guru kurang memberikan dorongan kepada siswa agar siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Disini guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa terlihat tidak aktif, selain itu guru belum menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhahadap hasil belajar IPA. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan alat peraga tumbuhan dalam proses pembelajaran IPA yang diharapkan siswa akan senang, timbulnya minat dan motivasi terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakna hasil belajar IPA dengan menggunakan alat peraga tumbuhan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan alat peraga tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II MI Ma’arif Jantur Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, tentang bagian-bagian utama tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 69,83, pada siklus II sebesar 77,04. Sedangkan prosentase ketuntasan pada siklus I = 73,91%, sillus II = 100%. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan alat peraga tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA MI, Alat Peraga Tumbuhan, Hasil Belajar IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Oct 2014 01:15
Last Modified: 28 Feb 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item