UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV TENTANG PENAMPAKAN ALAM DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN

ANA MIFTAKHUR RACHMAH , NIM. 13485281 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV TENTANG PENAMPAKAN ALAM DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV TENTANG PENAMPAKAN ALAM DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV TENTANG PENAMPAKAN ALAM DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (505kB)

Abstract

ANA MIFTAKHUR RACHMAH. Upaya Peningkatan hasil Belajar Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Tentang Penampakan Alam Di MI Muhammadiyah Al Muttaqien Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar Belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Al-Muttaqien siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar. Keaktifan belajar siswa juga masih rendah. Penyampaian materi dari guru yang masih banyak menggunakan ceramah menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Banyak siswa yang merasa bosan bahkan ramai sendiri ketika mendengarkan penjelasan guru. Ketika mengerjakan tugaspun siswa kurang mengoptimalkan kemampuan berfikir mereka. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode Card Sort guna meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode Card Sort dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MI Muhammadiyah Al-Muttaqien Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap kata. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: Pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga observasi dan keempat refleksi. Hasil penelitian menunjukan : metode Card Sort efektif digunakan pada pembelajaran IPS khususnya siswa kelas IV MI Muhammadiyah Al Muttaqein Sleman, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat pada perhatian, semangat, rasa senang, rasa ingin tahu bekerjasama dalam kelompok, kemauan bertanya, antusias dalam mengerjakan tugas. Pada aspek hasil belajar siklus I sebesar 62,7% dan pada siklus II sebesar 68,6%, hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,9 %. Dengan demikian pada aspek hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar belajar siswa inipun berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Card Sort, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 03:24
Last Modified: 31 Jan 2017 06:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item