UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE INFORMATION SEARCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ASLIKH ROHMANUDIN , NIM. 13485225 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE INFORMATION SEARCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE INFORMATION SEARCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE INFORMATION SEARCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Aslikh Rohmanudin Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patalan melalui penerapan metode “information search” tahun pelajaran 2013/2014”.Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patalan masih mengalami kendala dalam pembelajaran IPA khususnya di kelas IV. Hal ini di karenakan guru dalam mengajar IPA masih menggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Adapun kendala yang lain adalah masih banyak siswa yang belum memahami materi sehingga banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM pada mata pelajaran IPA. Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patalan. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Patalan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, lembar kerja siswa dan evaluasi, dan wawancara. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dua kali peretemuan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata 60,00 dengan siswa yang tuntas 25%. Pada siklus pertama, nilai rata-rata 67,75 dengan siswa yang tuntas 45%. Pada siklus dua nilai rata-rata 74,75 dengan siswa yang tuntas 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H.Sedya Santosa, SS, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Information Search, IPA, SD/MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:43
Last Modified: 31 Jan 2017 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum