PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TIRTO 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2013 – 2014

DWI WULAN ARI HARYANTI , NIM. 12485130 (2014) PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TIRTO 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2013 – 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TIRTO 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2013 – 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH TIRTO 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2013 – 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)

Abstract

Dwi Wulan Ari Haryanti. Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hubungan Sosial Anak Usia Dini Di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013 -2014. Skripsi Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan yang terjadi di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2, yang sebagian besar peserta didiknya masih kurang dalam berhubungan sosial, baik hubungan sosial antara peserta didik, guru maupun lingkungan. Untuk meningkatkan hubungan sosial di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto2 Salam, maka guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, yaitu dengan menggunakan metode sosiodrama, dimana metode ini akan menumbuhkan keaktifan pada peserta didik, aktif dalam percakapan maupun dalam gerak. Tujuan penelitian ini adalah : a. Untuk mengetahui kondisi awal hubungan sosial Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam. b. Untuk mengetahui hasil dari metode sosiodrama dalam menumbuhkan hubungan sosial Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif yang mengambil latar Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam, Kabupaten Magelang . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun urutan kegiatan penelitian pada tiap-tiap siklus mencakup Tempat penelitian dilaksanakan di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam kabupaten Magelang yang dilaksanakan di bulan Maret 2014. Subjek penelitian adalah peserta didik Bustanul athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam Kabupaten Magelang.Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam pengungkapan data.Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Adapun urutan kegiatan penelitian pada tiap – tiap siklus mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan :Metode Sosiodrama dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial anak usia dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Tirto 2 Salam Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan peserta didik dalam berhubungan sosial, bercakap –cakap, bermain bersama.Pada saat sebelum dilakukan tindakan, hubungan sosial peserta didik di sekolahan hanya mencapai 40.2%, setelah dilakukan siklus pertama keaktifan dalam berhubungan sosial peserta didik meningkat menjadi 65.4%.sedangkan pada siklus kedua keaktifan hubungan sosial peserta didiknya meningkat signifikan menjadi 87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Sosiodrama dan Hubungan Sosial
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:49
Last Modified: 31 Jan 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14166

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum