UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI RA YASPI LOSARI 2 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ERWIYATI WAHYUNI , NIM. 12485136 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI RA YASPI LOSARI 2 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI RA YASPI LOSARI 2 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK-BENTUK GEOMETRI DI RA YASPI LOSARI 2 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Erwiyati Wahyuni, upaya meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini melalui kegiatan menggambar bentuk-bentuk geometri pada siswa kelas B, RA Yaspi Losari 2, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014, Pembimbing Sigit Prasetyo, M.Pd.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan dalam kegiatan menggambar terhadap kemampuan kognitif pada anak yang dimaksud dalam penelitianini adalah usia 5-6 tahun. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di RA Yaspi Losari 2 Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang di kelompok B yang berjumlah 12 siswa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur atau langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan siklus. Hasil penelitian menunjukkan: kegiatanmenggambar bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak karena kegiatan menggambar yang dilakukan secara berulang-ulang dapat mengenal perbedaan berdasarkan ukuran sebuah bentuk geometri, mengklasifikasiakn benda bentuk geomeri berdasarkan warna, bentuk dan ukuran serta mengurutkan pola bentuk geometri. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum kegiatan menggambar (siklus I) 20% dan setelah diberi kegiatan menggambar (siklus II) nilai rata-rata mencapai 63% jadi ada peningkatan 43%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd,Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kegiatan Menggambar, Kemampuan Kognitif, Bentuk-bentuk Geometri.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 03:57
Last Modified: 01 Feb 2017 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14168

Actions (login required)

View Item View Item