PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

HIDAYATI , NIM. 13485257 (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (770kB)

Abstract

Hidayati, “Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta , 2013”. Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya pembelajaran IPA di MIN Ngawen Gunungkidul dalam penerapannya siswa kurang terlibat dalam pembelajaran seperti diskusi kelompok dan bertanya. Selain itu, dari data yang diperoleh hasil belajar IPA siswa masih rendah yaitu masih di bawah Kriteria Ketuntatsan Minimal (KKM) yaitu 7,5. Dari maslah tersebut, penulis mencoba mengadakan penelitian dengan menerapkan metode picture and picture dengan harapan tujuan dari pembelajaran IPA dapat tercapai dengan baik, membuat siswa aktif belajar dan meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil latar di MIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Data-data yang dikumpulkan berupa hasil latihan soal, hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi dan soal. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan tabel distribusi frekuensi relatif yaitu dengan menghitung seberapa besar persentase hasil latihan soal yang telah diberikan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode picture and picture diawali dengan penyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, kemudian guru menyajikan materi sebagai pengantar dan menunjukkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi. Setelah iu guru menunjuk siswa secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis dan ditananyakan dasar pemikiran urutan gambar tersebut. Dari urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Kegiatan terakhir adalah mengambil kesimpulan. (2) Faktor pendukung penerapan metode picture and picture adalah : adanya gambar-gambar yang menarik yang bisa di akses baik, adanya sumber belajar yang cukup lengkap dan adanya semangat yang tinggi dari siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran. Faktor penghambat adalah: Adanya beberapa anak yang kadang membuat kegaduhan dalam kelas, Adanya beberapa siswi yang masih malu-malu bila diajak aktif dalam pembelajaran dan Kurang lengkapnya fasilitas media yang disediakan sekolah. (3) Metode picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 72,22%, meningkat pada siklus II sebesar 88,89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nadhifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: Metode picture and picture, prestasi belajar, IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 06:57
Last Modified: 13 Feb 2017 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item