IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) DALAM MENGENALKAN PENGURANGAN PADA KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH BLIGO 1 NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SARTINEM, NIM. 12485188 (2014) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) DALAM MENGENALKAN PENGURANGAN PADA KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH BLIGO 1 NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) DALAM MENGENALKAN PENGURANGAN PADA KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH BLIGO 1 NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) DALAM MENGENALKAN PENGURANGAN PADA KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH BLIGO 1 NGLUWAR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (361kB)

Abstract

Sartinem: Implementasi Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam Mengenalkan Pengurangan pada Kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Bligo 1NgluwarMagelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan atau implementasi metode demonstrasi dalam mengenalkan pengurangan dengan Alat Peraga Edukatif (APE) pada peserta didik kelompok B di Bustanul Athfal‘Aisyiyah Bligo 1, Ngluwar, Magelang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didik kelompok B di Bustanul Athfal‘Aisyiyah Bligo 1, yang berjumlah 11 (sebelas) anak, terdiri dari 4 (empat) laki-laki dan 7 (tujuh) perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes tertulis dan lisan, serta dokumentasi. Analisis data hasil belajar dan aktifitas peserta didik adalah analisis kualitatif yang berdasarkan pada data kuantitatif setelah menghitung komponen-komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan yang cukup baik mengenai hasil belajar dan aktifitas peserta didik. Sebelum ada tindakan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 63,65%. Dengan menggunakan alat peraga, hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 72,73%. Tingkat keaktifan peserta didik juga meningkat dari sebelumnya 65,34% menjadi 74,43% pada siklus I. Pada siklus II juga mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 81,82% dengan rincian 9 anak tuntas dan 2 anak belum tuntas. Keaktifan peserta didik juga meningkat mencapai 84,66%. Dengan demikian, metode demonstrasi menggunaan alat peraga dalam mengenalkan pengurangan peserta didik kelompok B di Bustanul Athfal‘Aisyiyah Bligo 1, Ngluwar, Magelang, dapat meningkatkan hasil belajar maupun aktifitas peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Demonstrasi, Peraga, Pengurangan,TK/RA/BA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:01
Last Modified: 04 Apr 2017 04:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item