PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI RA MUSLIMAT NU MAMBAUL HUDA MERTOYUDAN MAGELANG KELOMPOK A

SEPTI WIRATNI , NIM. 12485256 (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI RA MUSLIMAT NU MAMBAUL HUDA MERTOYUDAN MAGELANG KELOMPOK A. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI RA MUSLIMAT NU MAMBAUL HUDA MERTOYUDAN MAGELANG KELOMPOK A)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI RA MUSLIMAT NU MAMBAUL HUDA MERTOYUDAN MAGELANG KELOMPOK A)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (383kB)

Abstract

Septi Wiratni, "Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Konsep Bilangan Pada Anak Di RA Muslimat NU Mambaul Huda Mertoyudan Magelang Kelompok A Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014.”Skripsi. Yogyakarta: FakultasIlmuTarbiyahdanKeguruan UIN SunanKalijaga, 2014. Pembelajaran konsep bilangan di RA Muslimat NU Mambaul Huda kurang optimal. Anak kurang memperhatikan materi yang diberikan bahkan anak lebih senang dengan dirinya sendiri. Anak merasa kesulitan setiap belajar tentang konsep bilangan.Pemahaman konsep bilangan pada anak di Raudhatul Atfal biasanya dimulai dengan mengeksplorasi benda – benda konkrit yang dapat dihitung dan diurutkan agar anak mudah dalam menafsirkan jumlah suatu benda. Salah satu metodenya adalah menggunakan media gambar.Namun di RA Muslimat NU Mambaul Huda media gambar yang digunakan masih sangatlah minimal, biasanya guru hanya menggunakan metode ceramah dan jari – jari tangan. Belajar konsep bilangan untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar. Gambar yang jelas dan menarik dapat memberi motivasi tersendiri pada diri anak untuk belajar tentang konsep bilangan. Belajar konsep bilangan menggunakan media gambar menjadikan suasana belajar yang menyenangkan dan anak – anak akan lebih mudah menerima materi yang disampaikan. Dalam hal ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil pada siklus 1 menunjukkan persentase kemampuan konsep bilangan sebesar 40 % dan pada siklus II menunjukan persentase sebesar 67,69 %. Pada siklus II ini sudah disimpulkan bahwa media gambar mampu meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak di RA Muslimat NU Mambaul Huda Jogonegoro Mertoyudan Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.MisbahUlmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Konsep bilangan, media gambar, murid
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:03
Last Modified: 01 Mar 2017 00:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item