UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF SAMBUNGREJO GRABAG MAGELANG MELALUI METODE PERMAINAN PAPAN BILBUL

SETIYOWATI , NIM. 12415277 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF SAMBUNGREJO GRABAG MAGELANG MELALUI METODE PERMAINAN PAPAN BILBUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF SAMBUNGREJO GRABAG MAGELANG MELALUI METODE PERMAINAN PAPAN BILBUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF SAMBUNGREJO GRABAG MAGELANG MELALUI METODE PERMAINAN PAPAN BILBUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (193kB)

Abstract

Setiyowati. NIM : 12412577. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika tentang Bilangan Bulat pada siswa kelas VI MI Ma’arif Sambungrejo Grabag Magelang melalui metode Permainan Papan Bilbul. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui metode permainan papan bilbul pada siswa kelas VI MI Ma’arif Nipis Sambungrejo Grabag Magelang. Minat dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan subjek yang menetap, untuk merasa tertarik terhadap suatu bidang studi atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang untuk mempelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan desain penelitian yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data yang terkumpul disusun dalam bentuk table dan selanjutnya dianalisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif mendeskripsikan data hasil observasi dan wawancara selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase setiap minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika telah mencapai target yang ditentukan. Persentase capaian rata-rata untuk pra siklus sebesar 45,16%, hasil persentase capaian untuk siklus I sebesar 73,80%. Sedangkan untuk minat belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,09%. Simpulan penelitian yang diperloleh adalah metode permainan papan bilbul dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang penjumlahan bilangan bulat siswa kelas VI MI Ma’arif Nipis Sambungrejo Grabag Magelang melalui metode permainan papan bilbul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat belajar Siswa, Bilangan Bulat dan Metode Permainan Papan Bilbul.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:05
Last Modified: 28 Feb 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item