UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENGURANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING ) PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU ADIKARTO III MUNTILAN MAGELANG

SITI ASTUTI , NIM. 12485191 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENGURANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING ) PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU ADIKARTO III MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENGURANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING ) PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU ADIKARTO III MUNTILAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PENGURANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING ) PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU ADIKARTO III MUNTILAN MAGELANG)
BAB II, III'.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (223kB)

Abstract

Siti Astuti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pengurangan Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Peserta Didik Kelompok B RA Muslimat NU Adikarto III Muntilan Magelang”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pendidikan anak usia dini/TK pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yang salah satunya adalah kemampuan anak dalam logika matematika. Peserta didik di RA Muslimat NU Adikarto III, khususnya untuk kelompok B memiliki kemampuan mengenal konsep pengurangan yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu mengganti metode yang sebelumnya dengan metode yang memungkinkan peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yaitu metode bermain peran (role playing). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran (role playing) pada pembelajaran mengenal konsep pengurangan peserta didik kelompok B di RA Muslimat NU Adikarto III Muntilan Magelang, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan peserta didik kelompok B di RA Muslimat NU Adikarto III Muntilan Magelang dalam mengenal konsep pengurangan setelah menggunakan metode bermain peran (role playing). Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi perilaku positif peserta didik saat pembelajaran berlangsung yang diambil dari lembar observasi, nilai hasil belajar peseta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran (role playing), terjadi aktivitas belajar yang positif. Hal ini terlihat dari munculnya perilaku positif peserta didik seperti partisipasi, taat aturan, tanggung jawab, keaktifan, kreatifitas, kerjasama, dan kemandirian. (2) Pemahaman peserta didik akan konsep pengurangan mengalami peningkatan setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). Hambatan yang dihadapi saat pembelajaran berlangsung adalah sulitnya mengkondisikan peserta didik yang berperan sebagai penonton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsep Pengurangan, Metode Bermain Peran.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:09
Last Modified: 28 Feb 2017 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item