PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MATERI TERBIASA BERAKHLAQ TERPUJI DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS II MIM I RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014

SITI KODRIKAH, NIM. 12485108 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MATERI TERBIASA BERAKHLAQ TERPUJI DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS II MIM I RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MATERI TERBIASA BERAKHLAQ TERPUJI DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS II MIM I RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MATERI TERBIASA BERAKHLAQ TERPUJI DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS II MIM I RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Siti Kodrikah ,’’Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Terbiasa Berakhlak Terpuji Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II MIM 1 Rambeanak Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II MIM 1 Rambeanak Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dikarenakan nilai prestasi hasil belajar Aqidah Akhlak masih rendah dibawah KKM. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai dasar dalam mengatasi siswa yang nilainya masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bersifat kolaboratif yang artinya berdasarkan pada permasalahannya yang muncul dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Muhammadiyah 1 Rambeanak dengan mengambil data siswa kelas II tahun 2014 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi tes prosedur penelitian ini meliputi: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam pendidikan Aqidah Akhlak melalui pendekatan Contextual Teaching and learning (CTL) dengan menekankan kemampuan learning comunity. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir dan nilai rata- rata pada siklus I nilai rata – rata 63,83 dan siklus II nilai rata- rata 70,95. Demikian penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sukiman M.Pd.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:14
Last Modified: 04 Apr 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item