IMPLIKASI PENGAJARAN i INSYA' SYAFAHY /i SEBAGAI PENCAPAIAN KEMAMPUAN i MAHARAH AL KALAM /i DI MADRASAH TSANAWIYAH ABDUSSALAM MAGELANG

MIFTACHUL ROJAB - NIM. 03420294, (2008) IMPLIKASI PENGAJARAN i INSYA' SYAFAHY /i SEBAGAI PENCAPAIAN KEMAMPUAN i MAHARAH AL KALAM /i DI MADRASAH TSANAWIYAH ABDUSSALAM MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini adalah: a.) Bagaimana tujuan pembelajaran Insya' Syafahy sebagai upaya pencapaian Maharah al-Kalam, b.) Bagaimana metode pembelajaran Insya' Syafahy sebagai upaya pencapaian Maharah al-Kalam, c.) Bagaimana implikasi Insya' Syafahy sebagai upaya pencapaian Maharah al-Kalam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apa yang dicapai dalam pembelajaran Insya' Syafahy, 2) Untuk mengetahui seperti apa metode Insya' Syafahy diterapkan dalam penguasaan Maharah al-Kalam, 3) Mengetahui dampak dari pengajaran Insya' Syafahy sebagai upaya pencapaian Maharah al-Kalam. Penelitian ini merupakan sebuah analisis diskriptif kualitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data non statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA MTs Abdussalam tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, evaluasi,. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pengajaran Insya' Syafahy mampu meningkatkan prestasi belajar dalam pencapaian kemampuan Maharah al-Kalam. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre test dan post test pada siklus I meningkat dari 5,05 menjadi 7,05 dan pada siklus II meningkat dari 5,61 menjai 8,80 serta nilai rata-rata evaluasi pada siklus I dan kedua II meningkat dari 8,14 menjadi 9,22). Proses pengajaran Insya' Syafahy pada siklus tindakan pertama dan kedua mendapat respons yang positif dari siswa. Proses ini ditandai dari antusias siswa pada saat (praktek, bertanya, Menjawab pertanyaan, , dan lain sebagainya) dalam melakukan proses belajar mengajar Insya' Syafahy dan ditujukan dari hasil observasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Insya' Syafahy, Maharah al kalam.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item