UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

SOFHANAH, NIM. 13485227 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sofhanah, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Melalui Penerapan Media Alat Peraga. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang dari permasalahan ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dinilai kurang berminat dalam belajar dan kurang termotivasi untuk belajar. Menurut penulis ada beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya hal tersebut. Salah satu penyebabnya adalah masih minimnya guru dalam menggunakan alat peraga dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan alat peraga bagi peserta didik sangatlah penting karena dengan alat peraga itu dapat merangsang stimulus peserta didik untuk lebih cepat memahami apa yang disampaikan guru, juga bisa mengenali atau melihat secara langsung (kongkret) mengenai apa yang diterimanya, sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian penulis mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa terjadi kenaikan rata-rata kelas dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II yaitu dari rata-rata nilai 68 pada pra siklus menjadi 71 pada akhir siklus I dan menjadi 73 pada akhir siklus II. Prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dari 43 % pada kondisi awal pra siklus, menjadi 69 % pada akhir siklus I dan menjadi 87 % pada akhir siklus II Dari dua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dan juga slide (tayangan) dapat meningkatkan prestasi siswa dari sebelumnya yang nilainya belum mencapai KKM maka setelah diadakan tindakan nilainya dapat mencapai bahkan melebihi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H. Sedya Santosa, SS.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prestasi Belajar, Peraga, Kebinekaan, MI. Ma’arif Giriloyo2
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:24
Last Modified: 04 Apr 2017 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item