UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI MA’ARIF GRABAG 1 GRABAG MAGELANG

SUBANDI , NIM. 13485267 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI MA’ARIF GRABAG 1 GRABAG MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI MA’ARIF GRABAG 1 GRABAG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI MA’ARIF GRABAG 1 GRABAG MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (383kB)

Abstract

Subandi, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Siswa Kelas V MI Ma'arif Grabag 1 Grabag Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa proses pembelajaran Matematika di MI Ma'arif Grabag 1 Grabag Magelang belum dapat melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan KTSP. Pembelajaran Matematika masih menggunakan masih secara konvensional, yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan ekspositori, dimana siswa masih menjadi obyek pembelajaran, sehingga pembelajaran Matematika terkesan monoton dan menjenuhkan, dan berujung ketidaktertarikan siswa terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar selalu di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dalam pembelajaran Matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MI Ma'arif Grabag 1 Grabag Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan teknik tabulasi data secara kualitatif berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan pada setiap siklus. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : strategi pembelajaran aktif Index Card Match digunakan pada pembelajaran Matematika siswa kelas V MI Ma'arif Grabag 1 Grabag Magelang, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre test adalah 60,95 dengan presentase ketuntasan 33,33%. Pada siklus I rata-rata nilainya adalah 70,95 dengan presentase ketuntasan 66,67%. Pada siklus II rata-rata nilainya adalah 76,43, dengan presentase ketuntasan 90,48%. Jadi hasil belajar mengalami peningkatan 23,81% dari nilai pre test. Dengan demikian hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Matematika SD/MI, Index Cart Match, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Oct 2014 07:29
Last Modified: 28 Feb 2017 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item