UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO WATES KULON PROGO

SUMARSIH , NIM. 13485238 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO WATES KULON PROGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO WATES KULON PROGO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sumarsih, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Serangrejo Wates Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Di MI Muhammadiyah Serangrejo Wates Kulon Progo dalam pembelajaran guru masih menjadi pusat kegiatan belajar siswa dengan mendikte ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa secara lisan sehingga prestasi belajarnya masih kurang baik, kreativitasnya kurang tampak dan kurang berani mengajukan pertanyaan kepada guru, siswa merasa bosan dan jenuh. Guru masih jarang menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang perlu dilakukan yaitu pembelajaran menggunakan media pembelajaran diantaranya media audio visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana prestasi belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual pada pembelajaran Ilmu pengeetahuan Alam di kelas IV MI Muhammadiyah Serangrejo, (2) bagaimana penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV MI Muhammadiyah Serangrejo, (3) bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV MI Muhammadiyah Serangrejo setelah diterapkan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah semua siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 72,5 dan siklus II sebesar 82. Sedangkan prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 83% sedangkan pada siklus II sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPA SD/MI, media audio visual, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:53
Last Modified: 28 Feb 2017 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item