UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF DONDONG WATES KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WASIATUN , NIM. 13485228 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF DONDONG WATES KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF DONDONG WATES KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF DONDONG WATES KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Wasiatun, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berhitung Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divion (STAD) pada Siswa Kelas V M.I. Ma’arif Dondong Wates Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Dondong bendungan Wates Kulon Progo belum melibatkan aktivitas dan kerja sama siswa secara maksimal, guru masih menjadi pusat pembelajaran, yang akibatnya prestasi belajar masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Guna mengatasi permaslahan tersebut, hal dapat dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Sudent Teams Achivement Division) pada pembelajaran keterampilan berhitung pecahan kelas V MI Ma’arif Dondong Wates Kulon Progo ?, dan ke (2) bagaimana prestasi pembelajaran Matematika terutama keterampilan berhitung pecahan pada kelas V MI Ma’arif Dondong Wates Kulon Progo setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Sudent Teams Achivement Division) ?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksananakan di dalam kelas selama 2 siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan kerja sama dan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari pemberian soal tes pada tiap akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: (1) terjadinya peningkatan serta interaksi dan aktivitas siswa terjalin secara aktif, dan ke (2), terjadinya peningkatan skor rata-rata kemampuan berhitung pecahan minimal 68 sesuai dengan nilai KKM adalah 68, dengan ketuntasan kelas sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Sudent Teams Achivement Division) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik pada aspek proses aktivitas pembelajaran, maupun pada prestasi hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang rendah dalam belajar pada tahap pra tindakan, berubah meningkat menjadi kualifikasi baik (66,66%) pada akhir siklusI, dan meningkat menjadi kualifikasi sangat baik (77,78%) pada akhir siklus II. Pada aspek hasil terjadi peningkatan pencapaian nilai KKM 68 dari 25% pada pra siklus, menjadi 50% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Sedyo Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran Matematika MI, Keterampilan Berhitung Pecahan, Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:56
Last Modified: 28 Feb 2017 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item