UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS I MI MUHAMMADIYAH PABELAN MUNGKID MAGELANG

RINAWATI , NIM. 12485184 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS I MI MUHAMMADIYAH PABELAN MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS I MI MUHAMMADIYAH PABELAN MUNGKID MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF JIGSAW LEARNING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS I MI MUHAMMADIYAH PABELAN MUNGKID MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Rinawati, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Aktif Jigsaw LearningPada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas I MI Muhammadiyah Pabelan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning pada mata pelajaran Qur’an Hadits serta mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Qur’an Hadits siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di MI Muhammadiyah Pabelan Tahun Pelajaran 2013/2014. Waktu penelitian ini adalah Februari sampai April 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Muhammadiyah Pabelan yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang terdiri dari tahapan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Qur’an Hadits di MI Muhammadiyah Pabelan sebelum menggunakan metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning masih rendah yaitu nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 60,8 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 62,28 pada siklus II menjadi 70,00 dan siklus III menjadi 76,07. Sedangkan ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan adalah hanya 43% atau 12 siswa, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 50% atau 14 siswa, dan pada siklus II menjadi 75% atau 21 siswa dan pada siklus III menjadi 85,71% atau 24 siswa. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Qur’an Hadits siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning pada siswa kelas I MI Muhammadiyah Pabelan. Hal ini berarti metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits siswa kelas I MI Muhammadiyah Pabelan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar Qur’an Hadits Siswa, Metode Pembelajaran Aktif Jigsaw Learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2014 10:02
Last Modified: 28 Feb 2017 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum