UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BERWUDHU SISWA DENGAN BAIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI RA MUSLIMAT NU DANUREJO 2 MERTOYUDAN MAGELANG

RISTIANAWATI, NIM. 12485185 (2014) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BERWUDHU SISWA DENGAN BAIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI RA MUSLIMAT NU DANUREJO 2 MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BERWUDHU SISWA DENGAN BAIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI RA MUSLIMAT NU DANUREJO 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BERWUDHU SISWA DENGAN BAIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI RA MUSLIMAT NU DANUREJO 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

RISTIANAWATI. Upaya Meningkatkan Belajar Berwudhu Siswa dengan baik melalui Metode Demonstrasi di RA Muslimat NU Danurejo 2 Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran masih kurang efektif serta penyampaian guru berceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga anak belum bisa belajar dengan baik dalam melakukan gerakan wudhu dan praktek wudhu. Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan belajar berwudhu siswa dengan benar di RA Muslimat NU Danurejo 2 Mertoyudan Magelang. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan belajar anak khususnya belajar berwudhu bagi anak RA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan belajar berwudhu anak kelompok B1 setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Danurejo 2, Danurejo Mertoyudan Magelang dengan metode observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Untuk pengolahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan data statistik sederhana untuk mengetahui hasil penelitian. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Reflektif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi efektif digunakan untuk meningkatkan belajar berwudhu siswa di RA Muslimat NU Danurejo 2. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran berwudhu siswa dan persiapan guru dalam mengajar serta siswa lebih tertib dalam pelaksaan pembelajaran, serta hasil peningkatan yang terjadi pada siklus I sampai siklus ke III diketahui peningkatan yang terjadi siklus I ke siklus II yakni dari 75% meningkat menjadi 79 %, siklus ke III meningkat menjadi 91,66 % peningkatan yang terjadi dari siklus I ke III yakni sebesar 16,66%. Dengan demikian dapat diketahui belajar berwudhu siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Demonstrasi, kemampuan berwudhu, siswa.
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 09:24
Last Modified: 04 Apr 2017 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum