UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG

PUJIYATININGSIH, NIM. 12485182 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (210kB)

Abstract

Pujiyatiningsih, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Metode •Drill Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Kradenan 1, Srumbung, Magelang. Skripsi program DMS Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun 2014. Latar belakang masalah penelitian adalah pada dasarnya anak yang memiliki prestasi bahasa Indonesia bagus ia juga mempunyai intelegensi, sikap, dan dapat memahami terhadap pelajaran bahasa Indonesia yang baik pula. Namun, pada kenyataannya siswa kelas I masih banyak yang belum bisa membaca, padahal materi yang ada dikelas I sangat banyak pada pelajaran bahasa Indonesia. Dimana pelajaran bahasa menuntut agar anak kelas I harus dapat membaca dan menulis dengan baik dan lancar, namun kenyataannya banyak anak kelas I hingga memasuki ke kelas berikutnya banyak yang belum dapat atau belum lancar membaca dan menulis. Untuk mengupayakan peningk:atan membaca perlu mengadakan penelitian, yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendiskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Indonesia <Jan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas I setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian tindakan kelas mengambil subyek siswa kelas I di MI Muhammadiyah Kradenan 1, Srumbung, Magelang. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas berupa penggunaan media kartu huruf, kata dan kalimat sederhana dapat meningkatkan kemampuan membaca. Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, maka dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langk:ah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan reflelksi. Penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran membaca dengan metode drill adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengulang membaca kalimat sederhana. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran banyak melibatkan siswa untuk aktifdan minat dalam membaca. (3) Dengan metode drill mampu meningk:atkan basil belajar siswa. Pada prestasi membaca ada peningk:atan diatas KKM 60 yang mencapai 86% dari jumlah siswa kelas I MI Muhammadiyah Kradenan 01. Pada prestasi membaca di siklus I sebesar 43% yang mencapai ketuntasan kemudia.ti pada siklus n sebesar 86% yang mencapai ketuntasan, dan siklus lli sebesar 86%. Hal ini terjadi kenaikan yang signiftkan sebesar 43%. Dengan demikian prestasi membaca siswa mengalami kenaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia Ml, Metode Drill, Prestasi, Keaktifan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 00:51
Last Modified: 04 Apr 2017 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item