UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR BERBASIS SOFT SKILL MELALUI PEMBELAJARAN SENAM FANTASI PADA SISWA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG

NUR UTAMI , NIM. 12485177 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR BERBASIS SOFT SKILL MELALUI PEMBELAJARAN SENAM FANTASI PADA SISWA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR BERBASIS SOFT SKILL MELALUI PEMBELAJARAN SENAM FANTASI PADA SISWA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR BERBASIS SOFT SKILL MELALUI PEMBELAJARAN SENAM FANTASI PADA SISWA KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (517kB)

Abstract

Nur Utami, “ Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran senam fantasi pada siswa kelompok A RA Muslimat NU Sukosari Bandongan Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa kelompok A RA Muslimat NU Sukosari Bandongan Magelang. Pembelajaran Senam Fantasi adalah upaya memberikan pembelajaran motorik kasar pada siswa dengan cara yang menyenangkan yang sesuai dengan dunia anak yaitu dunia bermain. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Sumber data yang diperoleh yaitu dari observasi dan wawancara dengan guru kelas A RA Muslimat NU Sukosari Bandongan Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa, ditunjukkan dengan penilaian dengan menggunakan skor Bintang * artinya belum berkembang, bintang ** artinya mulai berkembang dan bintang*** artinya sudah berkembang sesuai harapan.Dalam penelitian ini terjadi peningkatan persentase kemampuan motorik kasar siswa yang terus meningkat yaitu dari 5% pada siklus I meningkat menjadi 25%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 60%. Sehingga Effect size pada penelitian ini adalah 55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran senam fantasi, Motorik kasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 00:57
Last Modified: 27 Feb 2017 04:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item