UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NORHADIRIJANTO , NIM. 12485249 (2014) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (273kB)

Abstract

Norhadirijanto, “Upaya Peningkatan Ketrampilan Membaca Melalui Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode membaca suku kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan membaca dengan menggunakan Metode Suku Kata pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Dengan dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran bahasa Indonesia, antara lain: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Sekolah, dan (4) masyarakat dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 66,30, pada siklus II sebesar 69,70. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 40%, siklus II = 95%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca Suku Kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia MI, Metode Suku Kata, Trampil Membaca.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:06
Last Modified: 27 Feb 2017 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14197

Actions (login required)

View Item View Item