PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MEMAHAMI MATERI IPA PADA MI YAPPI KEDUNGWANGLU, PLAYEN, GUNUNGKIDUL

MUNADZAR ABROR , NIM. 13485270 (2014) PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MEMAHAMI MATERI IPA PADA MI YAPPI KEDUNGWANGLU, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MEMAHAMI MATERI IPA PADA MI YAPPI KEDUNGWANGLU, PLAYEN, GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MEMAHAMI MATERI IPA PADA MI YAPPI KEDUNGWANGLU, PLAYEN, GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (841kB)

Abstract

MUNADZAR ABROR. Penerapan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI dalam Memahami Materi IPA pada MI YAPPI Kedungwanglu, Playen, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas VI MI YAPPI Kedungwanglu Playen Gunungkidul dalam menguasai pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan tumbuhan. Nilai beberapa siswa kelas VI dalam memahami materi perkembangbiakan tumbuhan masih rendah, yaitu masih ada 5 siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga peneliti mengadakan penelitian pada materi IPA terutama mengenai perkembangbiakan tumbuhan dengan penerapan media lingkungan untuk meningkatkan pemahaman tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media lingkungan dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat atau keaktifan siswa kelas VI. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI YAPPI Kedungwanglu Playen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan, dokumentasi, dan test untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Setelah diadakan penelitian terhadap pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan tumbuhan dengan menggunakan media lingkungan di dapat nilai cukup memuaskan. Siswa yang berjumlah 13 mendapat nilai di atas KKM seluruhnya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa media lingkungan sangat efektif dan mempunyai andil dalam peningkatan prestasi belajar atau kualitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Sains) pada materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI MI YAPPI Kedungwanglu Playen Gunungkidul, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata pelajaran IPA pada materi perkembangbiakan tumbuhan yaitu sebesar 8,34% dibandingkan sebelum pemanfaatan media lingkungan di terapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : media lingkungan, kemampuan siswa, materi IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:08
Last Modified: 21 Feb 2017 04:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item