UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGABLAK 02

MURSIYEM, NIM. 12415359 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGABLAK 02. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGABLAK 02)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NGABLAK 02)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (94kB)

Abstract

Mursiyem, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngablak 02” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Metode pembelajaran memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ngablak 02 sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang berupaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang optimal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Demikian halnya dalam pembelajaran matematika khususnya materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) ditemukanya kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan metode yang membuat semua sumber belajar termasuk siswa ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah metode tutor sebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) diatas KKM 70 yang mencapai 70% dari jumlah siswa kelas V MI Ma’arif Ngablak 02. Metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan haasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Hal ini dilihat dari hasil pretest ke tindakan siklus I yang secara klasikal yang belum mencapai KKM sebanyak 4 siswa dari 16 siswa atau sebesar 25% menjadi 6 siswa atau sebesar 37,5% pada siklus I dan dari siklus I ke siklus II sudah sebanyak 12 siswa yang memperoleh nilai 70 atau sebesar 75%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa telah memahami metode pembelajaran tutor sebaya dan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodhi M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:12
Last Modified: 21 Feb 2017 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item