UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

MUH SUPARYADI , NIM. 13485245 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (461kB)

Abstract

Muh Suparyadi, “Upaya meningkatkan prestasi IPS kelas V dengan menggunakan strategi The Power Of Two Di MI YAPPI Rejosari Ngawis Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2014. MI YAPPI Rejosari terletak di dusun Rejosari Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Sekolah ini menempati tanah wakaf yang berasal dari Bapak Arjo (Alm) yang merupakan sesepuh dari MI YAPPI Rejosari. Sumber pemasukan siswa MI YAPPI Rejosari di dapatkan dari tiga dusun yaitu Dusun Rejosari, Dusun Munggu, Dusun Pengkol I dan II., Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Cara yang demikian mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari kurangnya semangat siswa dikarenakan strategi pembelajaran dari guru yang monoton mengakibatkan rendahnya prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS. Untuk itu diperlukan sebuah upaya strategi belajar baru yang lebih memberdayakan peserta didik, mengetahui faktor – faktor apa saja yang menjadi pendikung dan penghambat dari penerapan strategi The Power Of Two serta mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan strategi The Power Of Two di MI YAPPI Rejosari. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara berkesinambungan. Penelitian akan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013- 2014 tepatnya Bulan April - Juni 2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen penelitian berupa lembar Observasi, daftar pertanyaan (wawancara), catatan lapangan, lembar kerja siswa, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data pra siklus prestasi belajar IPS rata – rata 65.7. dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 35% maka dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan. Hasil siklus I mata pelajaran IPS rata – rata 70.78. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 50% dikatakan belum mencapai ketuntasan. Hasil siklus II didapatkan peningkatan prestasi yang cukup signifikan baik dari rata – rata maupun dari kriteria ketuntasan klasikal. Hal ini terbukti dengan 11 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan hanya 3 orang siswa saja yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Peningkatan prestasi siklus ini adalah sebesar 78.5% dari nilai KKM yang telah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa strategi The Power Of Two memang dapat dijadikan cara untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS di MI YAPPI Rejosari Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran IPS, Strategi The Power Of Two
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:23
Last Modified: 21 Feb 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item