MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I SEMESTER II MI MA’ARIF BANYUADEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MUFTI INAYAH, NIM. 12485166 (2014) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I SEMESTER II MI MA’ARIF BANYUADEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I SEMESTER II MI MA’ARIF BANYUADEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I SEMESTER II MI MA’ARIF BANYUADEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

MUFTI INAYAH, ”Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Dengan Menggunaan Bahan Manipulatif Pada Siswa Kelas I Semester II MI Ma’arif Banyuadem Tahun Pelajaran 2013/2014” Skripsi Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Matematika pada kelas I MI Ma’arif Banyuadem, Srumbung, Magelang masih banyak kekurangan dan rendahnya hasil belajar. Media yang digunakan guru belum maksimal dan kurang sesuai dengan karakteristik siswa, pendekatan metode tertentu belum mampu menggali potensi siswa, kurangnya pengetahuan nyata siswa yang diberikan guru berhubungan dengan materi pengajaran, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, penjelasan guru masih bersifat verbalisme karena metode ceramah kearah abstraksi konsep. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan dan mengelola pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapa tmeningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama penerapan metode demonstrasi dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dengan metode demonstrasi dan kegiatan akhir dengan evaluasi. Pada siklus I siswa belum paham dengan metode pembelajaran yang diterapkan. Pada siklus II siswa sudah paham dan waktu pembelajaran ditambah. Sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika, kedua peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran meningkat, yang meliputi; memperhatikan penjelasan guru, senang mengikuti pembelajaran, bangga dan puas, lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran, aktif berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Rata-rata minat belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada siklus I meningkat menjadi 29,33%, pada siklus II rata-rata minat belajar siswa lebih meningkat lagi menjadi 69,32%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 70,00, pada siklus II lebih meningkat menjadi 82,66. Peningkatan hasil belajar siklus I 16,67 dan siklus II 12,66Berdasarkan pencapaian hasil KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah yaitu 70, setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 66,66%, dan pada penelitian siklus II siswa yang mencapai KKM adalah 86,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:32
Last Modified: 22 Feb 2017 03:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item