PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE INDEX CARD MATCHPADA SISWA KELAS II MI NEGERI TIRTO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MARUTI JATININGSIH, NIM. 12485236 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE INDEX CARD MATCHPADA SISWA KELAS II MI NEGERI TIRTO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE INDEX CARD MATCHPADA SISWA KELAS II MI NEGERI TIRTO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE INDEX CARD MATCHPADA SISWA KELAS II MI NEGERI TIRTO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (931kB)

Abstract

MARUTI JATININGSIH, “Penggunaan Metode Active Learning Index Card MatchPada Pembelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II MIN Tirto Salam Magelang Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan prestasi belajar fiqih siswa kelas II MIN Tirto tahun ajaran 2013/2014 pada materi Dzikir dan Do’a. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch). Populasi penelitian adalah siswa kelas II MIN Tirto yang berjumlah20 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melaluipost-test, lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data prestasi menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II. Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisisdeskriptif teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan denganadanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes prestasi belajar siswa pada pra-tindakan, post-test siklus I, dan post-test siklus II, mengalami peningkatan. Rata-rata 71,7 pada pra-tindakan meningkat menjadi 78,5 pada siklus akhir, dengan peningkatan rata-rata sebesar 6,8, dan termasuk kategori hasil belajar baik. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar pra-tindakan 45% meningkat menjadi 80% pada siklus akhir dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:38
Last Modified: 22 Feb 2017 05:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item