UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITADI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG

MARFUATUN KHURIYAH, NIM. 12485158 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITADI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITADI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITADI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (345kB)

Abstract

Marfuatun Khuriyah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. RA Muslimat NU Pasuruhan 2 merupakan lembaga pendidikan pra sekolah dimana penulis adalah salah satu pendidiknya. Dalam melaksanakan proses pendidikan penulis dihadapkan pada berbagai masalah perkembangan anak. Salah satu masalah yang perlu mendapat perhatian adalah keterbatasan kemampuan berbahasa yang dikuasai anak sehingga anak sering mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penerapan metode bercerita. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak sangat diperlukan guna memperlancar kemampuan berkomunikasi secara lisan dengan lingkungan sekitar sesuai dengan situasi yang dimasukinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan metode bercerita di RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan, Magelang, (2) bagaimana partisipasi anak setelah metode bercerita diterapkan, (3) apakah kemampuan bahasa anak meningkat setelah metode bercerita diterapakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi anak dan untuk meningkatkan keaktifan anak dalam proses belajar mengajar melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Muslimat NU Pasuruhan 2 Mertoyudan, Magelang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode bercerita, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di RA Muslimat NU Pasuruhan 2. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan indikator kemampuan berbahasa yang dicapai masing-masing anak yaitu dari pra siklus yang rata-rata hanya empat kemampuan (26,6%), pada siklus I meningkat menjadi delapan kemampuan (53,3%) dan pada siklus II meningkat menjadi sebelas kemampuan (73,3%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:49
Last Modified: 24 Feb 2017 07:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item