UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 MI MA’ARIF PLAMPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MARINI, NIM. 13485232 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 MI MA’ARIF PLAMPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 MI MA’ARIF PLAMPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 MI MA’ARIF PLAMPANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (315kB)

Abstract

MARINI. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Metode Bermain Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas II Semester 2 MI Ma’arif Plampang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skrips. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Dalam pembelajaran matematika peserta didik dituntut untuk aktif sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancer. Jika siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan materi matematika yang dipelajari dan dapat menigkatkan prestasi belajar mereka. Di MI Ma’arif Plampang proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menerapkan pembelajaran dengan metode bermain yang menuntut peserta didik untuk aktif, berani mengemukakan pendapatnya dan berani mencoba. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagiandengan metode bermain kartu anggka pada siswa kelas II MI Ma’arif plampang. (2) Bagaimana hasil peningkatan prestasi menghitung perkalian dan pembagian dengan metode bermain kartu bilangan pada siswa kelas II MI Ma’arif plampang. Subyek penelitian adalah guru kelas II dan siswa kelas II MI Ma’arif Plampang, Kalirejo, Kokap, Kulon Progo. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah : mereduksi data, menafsirkan data menjadi kesimpulanyang bermakna. Hasil penelitian : penerapan metode bermain kartu bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II MI Ma’arif Plampang. sebelum diterapkan metode bermain kartu bilangan nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 63,25. Pada siklus I setelah diterapkan metode bermain kartu bilangan hasil nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 70,375. Karena nilai tersebut dirasa belum maksimal maka dilakukan siklus II dengan menggunakan metode yang sama dan nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,5, ini pada materi matematika perkalian, sedangkan pada materi pembagian nilai rata-rata peserta didik sebelum menggunakan metode bermain kartu bilangan hanya mencapai 59,00. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan metode bermain kartu bilangan nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 78,375 dan pada siklus II dengan metode yang sama nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 89,625.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, metode bermain kartu bilangan, Prestasi belajar matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 01:50
Last Modified: 24 Feb 2017 04:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item