IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IIMI GUPPI MONGGOL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LILIS ENDAH PUTRI PURNAMASARI, NIM. 13485272 (2014) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IIMI GUPPI MONGGOL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IIMI GUPPI MONGGOL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IIMI GUPPI MONGGOL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (115kB)

Abstract

Lilis Endah Putri Purnamasari, “Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II MI GUPPI Monggol Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Kemajuan kehidupan masyarakat dalam suatu negara sangat dipengaruhi oleh kemajuan dalam dunia pendidikan.Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan setiap jenjang pendidikan formal memegang peranan penting, karena matematika merupakan sarana berfikir ilmiah yang mendukung untuk mengkaji IPTEK. Prestasi belajar matematika di MI GUPPI Monggol khususnya kelas II masih belum memenuhi KKM dikarenakan metode yang digunakan tidak tepat. Sebuah proses belajar mengajar dalam pelaksanaannya membutuhkanmetode pengajaran yang tepat untuk mengantarkan kegiatan pembelajaran ke arahyang dicita-citakan. Untuk mengatasi hal tersebut hal yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif salah satunya metode pembelajaran demonstrasi. Metode Demonstrasi adalah suatu cara penyajian informasi dalam kegiatan belajar mengajar dengan mempertunjukkan tentang cara melakukan sesuatu disertai penjelasan secara visual dari proses dengan jelas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II MI GUPPI Monggol, (2) Bagaimana hasil dari implementasi metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II MI GUPPI Monggol. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus tersiri dari tahap perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : Aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar yang diambil dari lembar observasi aktifitas guru dan siswa, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran dengan Implementasi metode demonstrasi dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu guru menjelaskan mengenai konsep perkalian, cara menghitung perkalian dengan metode demonstrasi, dan siswa mempraktekkan cara menghitung perkalian dengan metode demonstrasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II MI GUPPI Monggol Tahun Pelajaran 2013/2014bisa dikatakan berhasil karena sebelum tindakan rata-rata nilai evaluasi siswa adalah 47,50. Pada siklus I nilai rata-rata evaluasi siswa adalah 55,00 dan pada siklus II naik menjadi 75,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Demonstrasi, Prestasi, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:10
Last Modified: 20 Feb 2017 06:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item View Item