IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KHOIRI ROHIM , NIM. 12485153 (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (515kB)

Abstract

Khoiri Rohim. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MI Ma’arif Bigaran Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014 (Penelitian Tindakan Kelas). Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Fiqih pada Kelas IV MI Ma’arif Bigaran Borobudur ini masih kurang efektif dan komunikasi terjadi satu arah yang didominasi oleh guru sehingga siswa terkesan pasif. Selain itu bila menghadapi soal latihan yang sulit, hanya sebagian kecil siswa yang tertantang untuk menyelesaikannya. Hal ini merupakan salah satu penyebab belum tercapainya standar keberhasilan yang ditetapkan kurikulum. Pada mata pelajaran Fiqih masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, atau sudah mencapai tetapi dengan nilai batas minimum KKM. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar Fiqih dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran cooperative teknik jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Ma’arif Bigaran Borobudur setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di MI Ma’arif Bigaran Borobudur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data yang sangat sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan mengadakan wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa Pembelajaran dengan teknik jigsaw pada siklus I siswa belum memahami penerapan pembelajaran cooperative teknik jigsaw dan terjadi kegaduhan dalam pembagian kelompok sebelum diskusi kelompok ahli berlangsung maka, pada siklus II penerapan belajar dengan menggunakan teknik jigsaw peneliti memberikan tambahan penjelasan kepada siswa tentang penerapan pembelajaran cooperative teknik jigsaw dan membagi kelompok sebelum penyampaian materi atau topik ahli, (2) peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dapat dilihat siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mengalami kenaikan 40 % dari studi awal menjadi 80 % dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 100%. Selain dari aspek tersebut dapat dibuktikan melalui hasil test pada pra tindakan hasil belajar fiqih memiliki rata-rata 64,70 dan untuk test pada Siklus I memiliki rata-rata 72,00 terjadi peningkatan 11,28 %. Pada siklus II memiliki rata-rata 83,00 terjadi peningkatan 15, 27 % dan semua siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:13
Last Modified: 20 Feb 2017 04:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item