UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SEMESTER II MI AL HUDA KARANGGETAS PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014

KHOSIDAH , NIM. 12485242 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SEMESTER II MI AL HUDA KARANGGETAS PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SEMESTER II MI AL HUDA KARANGGETAS PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SEMESTER II MI AL HUDA KARANGGETAS PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (962kB)

Abstract

Khosidah “Upaya meningkatkan hasil belalajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar dikelas III MI Al-Huda Karanggetas 2013/2014” Skirpsi Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Pola berfikir siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit. Di mana pada tahap operasional konkrit siswa sudah bisa memahami pembelajaran dengan bantuan benda konkrit, meskipun obyek pembelajaran IPA adalah abstrak. Sedangkan kemampuan berfikir siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap konkrit maka untuk memahami konsep dan prinsip diperlukan pembelajaran melalui obyek yang konkrit. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al Huda Karanggetas. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar pada pembelajaran IPA kelas III MI AL Huda Karanggetas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengimplementasikan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. ) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada gerak benda mata pelajaran IPA MI Al-Huda Karanggetas. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA di MI Al-Huda Karanggetas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan kemampuan siswa dalam menyebutkan macam-macam gerak benda, dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda dengan menggunakan media gambar. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan media yang tepat sangat penting dalam pembelajaran. 2) Hasil belajar siswa pada materi gerak benda mata pelajaran IPA kelas III MI Al-Huda Karanggetas sebelum menggunakan media gambar adalah dari 13 siswa hanya 5 siswa (38,46%) yang berhasil mencapai nilai ketuntasan minimum yaitu memperoleh nilai 70. Sedangkan 8 siswa (61,53%) masih belum mencapai nilai ketuntasan minimum. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar. Tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan penelitian nilai rata-rata mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 67,58% dan pada siklus II menjadi 71,76%. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan sebanyak 51,9% pada siklus 1 dan menjadi 89% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:16
Last Modified: 20 Feb 2017 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14216

Actions (login required)

View Item View Item