PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

JAUHAROTUL BADI’AH, NIM. 12485150 (2014) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI YAKTI DLIMAS TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Jauharotul Badi’ah “ Penerepen Metode Card Sort Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI Yakti Dlimas Tegalrejo magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran fiqih, siswa dilibatkan secara mental,fisik,dan sosial untuk membuktikan kebenaran dan toeri fiqih yang telah dipelajari. Adapun maksud dan tujuan dari mata pelajaran fiqih diarahkan untuk mendorong,membimbing,mengembangkan, dan membina siswa untuk mengetahuai,menghayati,hukum islam untuk dapat diamalkan dan dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan mata pelajaran fiqih di MI berisi bahan-bahan pelajaran dengan ketentuan ditekankan pada pengetahuan,pengamalan dan pembiasaan hukum islam sederhana dalam ibadah dan perilaku sehari-hari serta sebagai bekal poendidikan selanjutnya. Di MI Dlimas tegalrejo magelang dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikelas sehingga berpengaruh pada partsipasi,motivas belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan penerapan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif,berani mengemukakan pendapat, dan mencoba salah satunya adalah metode pembelajaran card sort. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode Card Sort pada mata pelajaran fiqih di kelas 3 MI Yakti dlimas.(2) Apakah penerapan metode Card Sort dapat peningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas 3 MI Yakti Dlimas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus , yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan obsevasi,tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : motivasi belajar siswa yang diambil dari hasil observasi dan pengisian agket yang diberikan pada setiap akhir siklus,aktivitas guru selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi,catatan lapangan yang terjadi selama proses pembelajaran dan dokumentasi.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran yaitu meningkatnya motivasi belajar siswa yang mencapai lebih dari 70 %. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode pembelajaran card sort dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu pengacakan kartu,diskusi kelompok,penempelan kartu sortir di papan tulis,dan menjelaskan tentang kartu sortir tersebut,pemberian kesimpulan dan pemberian penghargaan. Hal ini terlihat dari hasil penelitian motivasi belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata motivasi belajar siswa 46,9 %, siswa yang memilik imotivasi belajar dalam kategori tinggi baru 16 % dan masih jauh dari standar yang diharapkan yaitu ≥ 75 %. Pada siklus 1 nilai rata-rata motivasi belajar siswa 61,3 %, semua aspek motivasi belajar siswa telah mencapai ≥ 75 %, dan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori sangat tinggi dan kategori tinggi mencapai 44 %, dan pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 81,6 %, semua aspek motivasi belajar telah mencapai ≥ 75 % dan jumlah siswa yang memilki motivasi belajar dalam kategori sangat tinggi dan kategori tinggi mencapai 88 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi,M.Ag.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Card Sort, Pembelajaran fiqih MI,Motivasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 09:19
Last Modified: 17 Feb 2017 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum