UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH II BUMIREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMI KULSUM , NIM. 12485233 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH II BUMIREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH II BUMIREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI SHOLAT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH II BUMIREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (94kB)

Abstract

UMI KULSUM. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Materi Sholat dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I MI Muhammadiyah II Bumirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Fikih materi sholat pada siswa kelas I MI Muhammadiyah II Bumirejo Mungkid Kabupaten Magelang siswa cenderung bersifat pasif, seperti mencatat, diam, duduk, ngantuk, mendengarkan, tidak memiliki keberanian dalam berpendapat, bertanya serta menjawab pertanyaan. Di samping itu juga guru hanya menggunakan metode ceramah saja dan tidak melibatkan partisipasi anak dalam pembelajaran Fikih materi sholat, sehingga siswa menjadi kurang minat dalam mengikuti proses pembelajaran dan siswa kurang memiliki kreativitas dalam belajar dan nilai siswa banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Fikih materi sholat dengan metode demonstrasi pada siswa kelas I MI Muhammadiyah II Bumirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Muhammadiyah II Bumirejo Mungkid Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, tes dan pengamatan untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Urutan kegiatan pembelajaran mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Adapun indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini ditandai dengan rata-rata nilai lebih dari KKM sebesar 65,0 dan rata-rata siswa yang mendapatkan nilai tersebut adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar Fikih materi sholat pada siswa kelas I MI Muhammadiyah II Bumirejo Mungkid Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ratarata nilai sebesar 66,0 dan siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 4 siswa atau 40%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai sebesar 71,0 dan siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 8 siswa atau 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Demonstrasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:22
Last Modified: 28 Feb 2017 04:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item